“Request Refund” di Traveloka Selama 2 Tahun Belum

Saya Bayu Susanto, adalah pelanggan Traveloka. Pada hari Kamis 06 Februari 2020, saya melakukan pembelian tiket pesawat internasional dengan rute Jakarta – Manila – Jakarta, untuk penerbangan tanggal 23 Mei – 28 Mei 2020, dengan maskapai Filipina Cebu Pacific. Saya sudah mentransfer sejumlah dana sebesar Rp2.997.448 ke Rekening BCA atas nama PT. Trinusa Travelindo ( Traveloka).

Seiring berjalannya waktu, sekitar bulan Maret situasi wabah (pandemi) Covid-19 mulai booming, otomatis untuk penerbangan ke luar negeri ditutup sampai dengan batas waktu yang tidak bisa diputuskan. Untuk itu saya memutuskan untuk ask for refund ke pihak Traveloka.

Setelah beberapa hari, saya mendapat informasi dari Traveloka bahwa tiket saya tidak bisa di-refund in cash, tapi diganti dengan vacation voucher dengan masa aktif sampai dengan 2 tahun. Saya menolaknya, karena waktu itu belum pasti tahu kapan mulai dibuka penerbangan lagi ke luar negeri, salah satunya Filipina.

Saya tetap aktif menghubungi dan observe up proses refund saya ke pihak Traveloka. Sampai saya juga abide by up langsung ke pihak airline. Namun belum ada jawaban yang pasti, karena mereka tetap menawarkan sistem travel fund. Sebenarnya sudah ada konfirmasi dari consumer support Traveloka, bahwa tiket saya bisa di-refund cash. Saya observe up lagi, ternyata dari pihak Traveloka menyampaikan bahwa tiket tidak bisa di-refund in cash, karena Traveloka mengikuti peraturan airline dan tidak bisa mengubah sistem dari airline.

Saya masih tetap comply with up selama 2 tahun lebih dan saya juga sudah dapat informasi by using email dari pihak maskapai Cebu Pacific, bahwa tiket bisa di-refund in income. Kemudian saya forward email dari pihak maskapai ke pihak Traveloka. Namun sampai sekarang uang saya belum di-transfer dan masih beneath method.

Saya mohon untuk pihak Traveloka untuk mengembalikan uang saya, karena untuk saat ini lebih penting uang saya bisa balik. Saya sudah lama menjadi pelanggan Traveloka, jangan sampai hanya karena sistem yang sebenarnya bisa diproses oleh pihak Traveloka menjadi kelihatan birokrasi dan berputar putar tidak jelas.

Terima kasih.

Bayu Susanto
Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

&#13
Berikan penilaian mengenai Traveloka:

&#13
[Total:12    Rata-Rata: 1.4/5]&#13

About the author: AKDSEO

Related Posts